MrJazsohanisharma

Aturan Kesepakatan Kelas: Panduan Lengkap untuk Guru dan Siswa

 


Berikut contoh aturan kesepaktan kelas yang dibuat dengan AI Gemini


Aturan Kesepakatan Kelas untuk Mapel Informatika Kelas X

Tujuan:

  • Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, aman, dan produktif khusus untuk pelajaran Informatika.
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab dan disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran Informatika.
  • Membangun rasa saling menghormati antar siswa dan guru dalam proses belajar mengajar Informatika
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi siswa selama pelajaran Informatika.

Proses Pembuatan Kesepakatan:

  • Diskusi kelas: Guru dan siswa berdiskusi bersama untuk menentukan poin-poin penting dalam aturan kelas khusus Informatika.
  • Musyawarah mufakat: Setiap poin didiskusikan dan disepakati bersama oleh semua pihak.
  • Penetapan aturan: Aturan yang telah disepakati ditulis dan dipajang di tempat yang mudah terlihat oleh semua siswa.


Aturan Kesepakatan Kelas Informatika:

Sebelum Pelajaran Informatika:

  1. Datang tepat waktu ke kelas/Laboratorium dan siap untuk mengikuti pelajaran Informatika.
  2. Menyiapkan semua alat tulis dan praktikum yang diperlukan, seperti laptop, charger, buku catatan, dan pulpen.
  3. Membawa HP .
  4. Duduk dengan rapi dan tenang di tempat duduk masing-masing.
  5. Pakaian seragam lengkap dan rapi sesuai aturan berlaku


Saat Pelajaran Informatika:

  1. Mendengarkan dengan seksama saat guru atau teman berbicara.
  2. Mengangkat tangan sebelum berbicara atau bertanya.
  3. Tidak mengganggu teman yang sedang belajar atau mengerjakan tugas.
  4. Mengikuti instruksi guru dengan seksama.
  5. Menjaga kebersihan dan kerapian ruang praktikum dan peralatan Informatika.
  6. Menggunakan internet dengan bijak dan bertanggung jawab selama pelajaran Informatika.
  7. Menghormati hak cipta dan tidak menyebarkan konten yang tidak semestinya.

­

Setelah Pelajaran Informatika:

  1. Merapikan tempat duduk dan membuang sampah pada tempatnya.
  2. Menyimpan kembali peralatan praktikum Informatika pada tempat yang telah disediakan.
  3. Berpamitan kepada guru sebelum meninggalkan kelas/laborarium.
  4. Menyelesaikan tugas Informatika yang diberikan tepat waktu.

­

Konsekuensi:

  • Bagi siswa yang melanggar aturan, akan diberikan teguran lisan atau tertulis.
  • Jika pelanggaran berulang, siswa dapat dikenakan sanksi seperti tugas tambahan, kehilangan hak mengikuti praktikum, atau panggilan orang tua.

­

Penghargaan:

Bagi siswa yang selalu mentaati aturan, akan diberikan penghargaan berupa pujian, piagam, atau nilai tambahan.

­

Catatan:

  • Aturan kelas ini dapat diubah atau ditambahkan sesuai dengan kesepakatan bersama antara guru dan siswa.
  • Penting untuk selalu mengevaluasi efektivitas aturan kelas dan melakukan penyesuaian jika diperlukan


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post