CIMAHI, ALLBARRSPOT - Hai guru hebat dalam era digital yang terus berkembang pesat, pendidikan informatika menjadi semakin penting. Dengan menguasai konsep-konsep inti informatika, generasi muda dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.
Melansir dari KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 032/H/KR/2024 TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PADA KURIKULUM MERDEKA
Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman konsep informatika dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik nyata maupun maya yang secara khusus berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap inovasi dan cara pengembangannya. Mata pelajaran Informatika bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menjadi well-being and wise digital citizen dan computationally literate creators yang menguasai konsep dan praktik informatika.
Mata pelajaran Informatika menerapkan praktik engineering process dalam proses pembelajaran dan prinsip keilmuan informatika dengan mengintegrasikan
(a) berpikir komputasional;
(b) literasi digital yang diperkaya dengan konsep teknologi informasi dan komunikasi, sistem komputasi, jaringan komputer dan internet, serta dampak sosial informatika terhadap individu maupun masyarakat sebagai sebuah kecakapan hidup di era digital;
(c) analisis data yaitu pengolahan data yang berfokus pada analisis data berbasis komputasi; dan
(d) algoritma dan pemrograman untuk berkarya dalam menghasilkan karya digital kreatif atau program untuk membantu menyelesaikan persoalan individu atau masyarakat.
Berikut Elemen dan Capaian Pembelajaran Fase E
Elemen berpikir komputasional capaian pembelajaran :
- Peserta didik mampu memahami validitas sumber data;
- Peserta didik mampu memahami konsep struktur data dan algoritma standar;
- Peserta didik mampu menerapkan proses komputasi yang dilakukan manusia secara mandiri atau berkelompok untuk mendapatkan data yang bersih, benar, dan terpercaya;
- Peserta didik mampu menerapkan struktur data dan algoritma standar untuk menghasilkan berbagai solusi dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur kompleks dengan volume tidak kecil;
- Peserta didik mampu menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam format pseudocode yang dekat dengan bahasa komputer.
- Peserta didik mampu memahami berbagai mode dinamika Input-Proses-Output dalam sebuah komputer Von Neumann,
- Peserta didik mampu memahami peran sistem operasi.
Elemen literasi digital capaian pembelajaran
- Peserta didik mampu memahami penggunaan mesin pencari dengan variabel yang lebih banyak;
- Peserta didik mampu mengetahui ekosistem periksa fakta untuk memilah fakta dan bukan; menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi berbagai informasi digital;
- Peserta didik mampu memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data;
- Peserta didik mampu memahami konsep dan penerapan serta konfigurasi keamanan dasar untuk konektivitas jaringan data local dan internet baik kabel maupun nirkabel;
- Peserta didik mampu memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten, partisipasi dan kolaborasi.
- Peserta didik mampu menghargai hak atas kekayaan intelektual,
- Peserta didik mampu mengenal profesi bidang Informatika,
- Peserta didik mampu memahami penerapan digitalisasi budaya Indonesia,
- Peserta didik mampu menyaring konten negatif di dunia digital,
- Peserta didik mampu menerapkan pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi, dan menerapkan autentikasi dua langkah secara sederhana,
- Peserta didik mampu menerapkan konfigurasi privasi dan keamanan pada akun platform digital.